7 Tips Agar Kembali Produktif Setelah Libur Lebaran

Memang tidak mudah untuk kembali semangat bekerja setelah libur lebaran yang panjang. Namun ingat, menjaga keseimbangan antara kerja dan liburan penting. Bagaimanapun juga kamu harus bekerja kan agar kamu bisa pergi liburan lagi selanjutnya. Jadi, jangan sampai rasa malas mengalahkan kamu, coba cara kembalikan produktivitas bekerja setelah libur lebaran berikut ini:

  1. Istirahat Sebelum Mulai Hari Kerja

Sebaiknya penuhi kebutuhan istirahat jelang kembali untuk bekerja. Biasanya, saat libur Lebaran akan menghabiskan waktu seharian untuk jalan, berkunjung ke tempat keluarga atau ke tempat wisata. Ketika waktu masuk kerja hampir tiba, kamu perlu meluangkan waktu satu hari untuk istirahat biar fit saat kerja.

  1. Kembali Aktif Berolahraga

Jika liburan membuatmu mengabaikan jadwal olahraga, saatnya kembali aktif secara fisik. Tubuh yang bugar karena olahraga juga dapat mengembalikan produktivitas bekerja setelah liburan. Ini menjadi bagian penting dilakukan supaya tetap bisa fit dan tidak terhalang saat melakukan aktivitas.

  1. Jangan Begadang

Besok kembali bekerja? Jangan tidur terlalu malam atau bahkan begadang. Sebelumnya, libur lebaran tidak mewajibkan kamu untuk bangun pagi, jadi kamu bebas tidur kapan saja, bahkan begadang hanya untuk terus mengobrol bersama keluarga dan sanak saudara. Sekarang, ketika kamu harus kembali produktif, istirahat menjadi hal yang penting. Jangan begadang jika tidak perlu, atau kamu akan terbangun dengan tubuh lelah keesokan harinya.

  1. Berangkat Lebih Pagi

Awali hari pertama kembali bekerja dengan berangkat atau tiba di kantor lebih pagi, setidaknya 20 menit lebih awal. Tidak ada salahnya, karena kamu bisa menggunakan waktu ini untuk kembali beradaptasi dengan lingkungan kantor yang telah lama ditinggalkan ketika liburan.  Kamu bisa juga membuka kembali folder pekerjaan, mencari tahu sampai mana pekerjaan terakhirmu sebelum liburan.

  1. Buat Rencana Kerja

Cara kembalikan produktivitas setelah libur lebaran lainnya adalah dengan membuat rencana kerja. Hari pertama pekerjaan terasa menumpuk? Tidak lagi jika kamu membuat rencana kerja dengan mengonsep pada skala prioritas. Ini akan membuat pekerjaan kamu lebih terukur, dan tugas dapat selesai satu per satu tanpa terasa membebani karena tenggat waktu yang ketat dan beban kerja yang terasa sangat menumpuk.

  1. Mendengarkan Musik Favorit

Mendengarkan musik favorit bisa menjadi salah satu cara mengembalikan produktivitas kerja sehabis liburan. Mood bisa lebih positif sehingga bekerja jadi lebih semangat.  Jadi, tidak ada salahnya untuk memulai hari kerja dengan mendengarkan musik menyenangkan agar produktivitas kerja dapat kembali normal.

  1. Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

Hari pertama masuk kerja, ada baiknya untuk membersihkan atau membereskan meja kerja yang selama ini ditinggal untuk berlibur. Meja kerja yang rapi akan memengaruhi produktivitas kerja seseorang.

 

Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/7-tips-mengembalikan-produktivitas-bekerja-setelah-libur-lebaranhttps://www.halodoc.com/artikel/ini-6-cara-kembalikan-produktivitas-setelah-libur-lebaran

Search

+